RPP SD Kurikulum 2013 Revisi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran               : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Kelas/Semester              : II / 2
AlokasiWaktu                 : 4 jam pelajaran
                                                                                      
A.    Kompetensi Inti

Ki 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
        dianutnya
Ki 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
        peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
        teman, guru, dan tetangganya
Ki 3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
        menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
        ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dengan benda-benda yang
        dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Ki4:  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan
        menanyakan berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
        ciptaan Tuhnan dan kegiatannya, dan benda-benda yang     
        dijumpainya di rumah di sekolah dan tempat  bermain

B.    Kompetensi Dasar
1.1  Menerima kehadiran orang tua dan orang yang lebih tua sebagai wakil Allah di dunia
2.1  Menunjukkan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua
3.1  Memahami alasan menghormati orangtua dan yang lebih tua berdasarkan Alkitab
4.1  Mempraktikkan sikap hormat kepada orangtua dan orang yang lebih tua

C.    Indikator
1.  Mengidentifikasi siapa saja yang disebut sebagai orang tua di
 rumah dan sekolah
2.  Memahami peran orang tua melalui cerita atau film.
3.   Mengeksplorasi Alkitab tentang tokoh yang mengasihi orang
     tuanya melalui cerita atau film (Daud/Timotius)
4.          Mendata tugas dan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya.
5.    Mengeksplorasi sikap mengasihi orang tua berdasarkan
 pengalaman  
6.    Menunjukkan sikap bersyukur atas orang tua dengan membuat
 kartu kasih
7.    Menunjukkan pembiasaan mengasihi orang tua dalam tugas
 proyek selama seminggu

D.    Materi Pembelajaran
Hormat kepada orang tua dan orang yang lebih tua

E.    Sumber Belajar
Alkitab
Buku Siswa dan Guru
Video “Luka tangan mama”
Gambar-gambar tentang tugas orang tua
Sumber bahan belajar lain yang mendukung

F.    Media Pembelajaran
Slide Power point
Film “Luka tangan mama atau Keluarga Harmonis”
Bahan dan alat membuat kartu kasih kepada orang tua

G.    Langkah –langkah Kegiatan Pembelajaran
1.     Pendahuluan               (10 menit)
-        Peserta didik memberi salam kepada guru
-        Guru mengecek kehadiran peserta didik
-        Doa dipimpin oleh guru
-        Bernyanyi “Yesus sayang semua” dipimpin oleh guru
-        Apersepsi pemahaman peserta didik tentang materi pelajaran yang lalu tentang kasih

2.     Kegiatan inti               (120 menit)
-    Peserta didik mengidentifikasi siapa saja yang disebut sebagai orang tua di sekolah, gereja, maupun di rumah melalui gambar-gambar yang disiapkan oleh guru
-    Peserta didik memahami peran orang tua melalui cerita atau film.
-    Peserta didik menanya dan menjelaskan tugas orang tua terhadap anaknya.
-    Peserta didik menanya dan menjelaskan peran atau tanggung jawab anak pada orang tuanya.
-    Peserta didik berbagi pengalaman tentang sikap mengasihi orang tua dan orang yang lebih tua yang dilakukannya melalui model snowball throwing.
-    Peserta didik menjelaskan tokoh Alkitab yang mengasihi orang tuanya melalui film atau cerita yang disampaikan guru.
-    Peserta didik mendata dan menjelaskan sikap mengasihi orang tua yang tepat.
-    Peserta didik membuat produk kartu kasih pada orang tua dan memberikan kartu tersebut kepada orang tuanya.
-    Peserta didik melakukan rencana perbuatan mengasihi orang tua yang dilakukan selama seminggu sebagai pembiasaan dalam keluarganya dan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya

3.   Penutup               (10 menit)
Peserta didik dan guru membuat kesimpulan tentang alasan mengasihi orang tua dan sikap mengasihi orang tua yang benar
Berdoa dipimpin oleh peserta didik dibantu oleh guru.

H.  Penilaian.
  1. Pengetahuan : tes lisan dan tertulis mengenai sikap mengasihi orang tua

Tes Lisan dan Tertulis :
1.   Siapa sajakah yang kita sebut sebagai orang tua?
2.   Tuliskan 2 tugas orang tua terhadap anaknya!
3.   Jelaskan 2 perbuatan mengasihi orang tua yang pernah kamu lakukan!
4.   Mengapa kita harus mengasihi orang tua?
5.   Siapakah tokoh Alkitab yang mengasihi orang tuanya?


  1. Penilaian diri : angket dengan rating scale
Penilaian diri mengenai sikap mengasihi orang tua :
No.
Pernyataan
TP
J
S
T
  1.
Saya sangat mengasihi orang tua



4
  2.
Saya bersyukur memiliki orang tua



4
  3.
Saya mau menolong orang tua dengan senang


3

  4.
Saya mau mendoakan orang tua

2


  5.
Saya mau mendengarkan nasihat orang tua


3


Keterangan : 
TP = Tidak Pernah = 1
J = Jarang = 2
S = Sering = 3
T = Terbiasa = 4


Penilaian : skor yang diperoleh x 100
                           20

          Contoh:       16 x 100     = 80
                             20


  1. Keterampilan : membuat kartu kasih pada orang tua (rubrik terlampir)

Lampiran 3 (Keterampilan)

Peserta didik membuat sebuah kartu yang menjelaskan rasa kasihnya kepada orang tuanya. Pola dapat disiapkan oleh guru, namun tidak menutup kemungkinan jika peserta didik ingin membuat pola sendiri maka ia boleh melakukannya. Isi kartu tersebut dapat berupa doa untuk orang tuanya ataupun kata-kata ungkapan rasa sayang kepada orang tuanya.

Produk membuat kartu kasih pada orang tua

AKU MENGASIHI ORANG TUAKU


Keterangan
1
2
3
4
Persiapan

Memenuhi 1 kriteria
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 3 kriteria
Membawa karton buffalo, gunting, lem, hiasan
Isi
Memenuhi 1 kriteria
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 3 kriteria
Doa atau ucapan sesuai tema, tulisan terbaca, kerapihan, kreativitas
Waktu
Dibawa pulang dan dikumpulkan pada hari berikutnya
Setelah pelajaran selesai dalam hari yang sama
Tepat waktu pelajaran selesai
Sebelum waktu pelajaran selesai

Penilaian : Skor yang diperoleh x 100
                                  12

Contoh:  10 x 100  =   83, 33 (dibulatkan menjadi 83)
               12                  
                                                                                  
Jakarta,

Mengetahui,
Kepala SD …                                                                           Guru PAK-BP
                                               

.............................                                                                   ..........................







Lampiran tugas proyek yang dilakukan di rumah
Perbuatan mengasihi orang tua (dilakukan selama seminggu)
No.
Perbuatan
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Minggu
  1
Belajar tanpa disuruh







  2
Merapikan buku/mainan







  3
Melakukan perintah orang tua







  4
Mendoakan orang tua







Kesan dan pesan orang tua :
...........................................................................................................................

Lampiran Katu Kasih.